Dalam ajang CES 2020 memang pastinya banyak barang menarik yang ditunjukkan. Datang dari perusahaan PC besar Dell, merek gaming PC miliknya yaitu Alienware kembali menunjukkan sebuah inovasi unk. Kesuksesan Switch sebagai konsol hybrid dan juga perkembangan mobile games yang begitu pesat membuat Dell Alienware ikut tergerak meracik perangkat serupa dengan nama Concept UFO.

Concept UFO adalah sebuah gaming pc portable layaknya Nintendo Switch. Menggunakan konsep yang mirip, controller pada Concept UFO juga dapat dilepaskan dari tabletnya. Player juga dapat menghubungkan handheld ini ke televisi dengan bantuan dock, sehingga dapat menikmati di layar yang lebih besar. Tidak hanya itu saja, posisi tombol volume dan usb type-c-nya pun sama dengan Switch.

Dell Alienware menyediakan kick stand dan juga grip untuk controllernya

Karena ini adalah sebuah gaming pc, Concept UFO menggunakan sistem operasi Windows 10. Untuk layarnya sendiri menggunakan resolusi 1900 x 1200 dengan ukuran layar 8 inci. Dell Alienware juga menyediakan kick stand di bagian belakang untuk meletakan handheld ini secara tegak ketika ingin bermain di meja. Grip untuk controller-nya sendiri pun disediakan, berbeda dengan Switch, gripnya memiliki ukuran yang lebih besar.

Jika melihat pada sisi belakang, akan terdapat sebuah lubang ventilasi yang besar untuk sistem pendingin. Bagaimana dengan performanya? Spesifikasinya sendiri belum diumumkan kepada publik, namun ketika dalam pengujian mampu memainkan game seperti F1 2019, Mortal Kombat 11, dan Rocket League di frame rate yang lancar tanpa adanya lag. Walaupun menurut beberapa laporan dari beberapa media yang mencobanya mengalami penurunan sedikit.

Ketahanan baterai menjadi pertanyaan penting dan suara kipas yang bising juga dapat mengganggu pengalaman bermain

Ketahanan baterai juga menjadi salah satu pertanyaan penting, pasalnya Concept UFO dasarnya merupakan sebuah PC gaming. Untuk Nintendo Switch sendiri mampu bertahan selama empat jam nonstop tergantung dari game yang dimainkan. Selain dari itu, sistem pendingin juga menjadi hal penting. Laporan dari media The Verge mengatakan bahwa selama bermain Rocket League saja kipasnya menimbulkan suara yang cukup bising dan menggangu.

Belum ada konfirmasi dari Dell mengenai handheld ini apakah akan dibuat secara utuh. Karena seperti namanya Concept UFO masih sebuah prototype.

Punya komentar?