Cukup merasa kecewa dengan banyaknya trailer yang hadir di Inside Xbox beberapa hari yang lalu? Kali ini dengan event Summer Game Fest yang langsung dibawakan oleh Geoff Keighley, para gamer akhirnya bisa melihat indahnya kemampuan pada konsol next gen. Pasalnya Epic Games mengumumkan engine anyar terbaru mereka yaitu Unreal Engine 5.

Melalui tech demo bernama Lumen in the Land of Nanite berdurasi sembilan menit, terlihat visual yang begitu menakjubkan ditambah adanya peningkatan physics yang kini terlihat sangat realistis. Menariknya lagi, tech demo ini dijalankan pada PlayStation 5, namun tidak perlu khawatir, Unreal Engine 5 akan berada di semua platform mulai dari generasi sekarang, next gen, PC dan juga mobile. Sebagai catatan ini bukanlah gameplay asli dari sebuah game, melainkan footage demo yang di ambil dari engine tersebut.

Epic menjelaskan dalam demonya tersebut, mereka menggunakan dua inti engine, Nanite dan Lumen. Nanite ini berperan untuk memvirtualisasikan micropolygon geometry yang dibuat detailnya dari banyak geometris. Artinya ratusan hingga jutaan poligon dapat di impor langsung ke Unreal Engine 5. Karena hal tersebut kita dapat melihat sangat detailnya texture pada model yang ditampilkan. Sedangkan untuk Lumen sendiri menangani dari aspek dynamic global illumination, yang biasa dikenal di sisi pencahayaan. Kemampuan Lumen ini dapat memantulkan cahaya dari berbagai macam objek di area yang luas dan terperinci, bahkan sampai skala terkecil. 

Terlihat dan mereka akui juga, Unreal Engine 5 mengedepankan tampilan visual photorealism setara CG pada film dan juga kehidupan nyata. Terlepas dari itu semua, melalui website Unreal Engine, Epic berencana membawa Fortnite hadir di konsol next gen. Namun masih menggunakan versi Unreal Engine 4 dan akan dimigrasikan pada pertengahan 2021 ke Unreal Engine 5 bertepatan dengan perilisan engine tersebut. 

Punya komentar?