Microsoft telah mengumumkan event pertama mereka di tahun ini. Inside Xbox pada bulan Mei 2020 merupakan salah satu dari serangkaian event yang termasuk dalam program Xbox 20/20. Event ini menghadirkan trailer gameplay dari berbagai macam game third party yang akan hadir pada Xbox Series X. Inside Xbox juga bagian dari Summer Game Fest yang direncanakan oleh Geoff Keighley dan juga iam8bit. Microsoft sendiri berjanji akan mengadakan acara serupa mengenai update tentang Xbox di setiap bulannya. Lalu ada apa saja di Inside Xbox Mei 2020 kemarin?

Perlu diketahui Xbox Series X mempunyai fitur terbaru bernama Smart Delivery. Fitur ini memungkinkan Gamer untuk membeli satu kopi game saja untuk menikmatinya di Xbox One dan juga Xbox Series X. Menariknya jika dijalankan pada Series X, akan ada peningkatan dari berbagai macam sisi di game tersebut. Tentunya fitur ini tidak hadir di semua game. Di artikel recap ini, kami menyisipkan game mana saja yang menghadirkan fitur tersebut.

Bright Memory [Playism]

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu bahwa Bright Memory juga hadir di platform mobile. Iya, game ini juga hadir untuk Xbox Series X. Dengan genre first person shooter, Bright Memory hadir bertemakan di sebuah kota futuristik yang luas pada tahun 2036. Fenomena aneh yang tidak bisa dipecahkan oleh berbagai ilmuwan pun muncul di langit kota. Gamer akan berperan sebagai agen khusus yang dikirim untuk menginvestigasi fenomena ini.

Dirt 5 [Codemasters] (Smart Delivery)

Game racing bertemakan rally ini hadir dengan seri kelimanya. Adanya berbagai macam fitur baru menjadikan Dirt 5 sebagai salah satu game rally yang cukup diantisipasi kehadirannya untuk konsol next gen, terutama dari peningkatan kualitas visual yang cukup memukau.

Scorn [Ebb] 

Pertama kali melihat trailer ini muncul kesan yang cukup aneh namun menyeramkan. Kami yakin kalian segera menyadari betapa detailnya texture dari model yang dibawa oleh game horror satu ini. Dengan menggunakan sudut pandang first person, Gamer diharuskan untuk mengeksplorasi berbagai wilayah yang saling terhubung secara non-linear. Setiap lokasi mengandung tema cerita, puzzle, dan karakter yang berbeda. Sepanjang perjalanan, Gamer dapat membuka area baru, memperoleh berbagai macam skill dan tentunya senjata baru.

Chorus [Deep Silver] (Smart Delivery)

Gamer akan berperan sebagai sosok pilot wanita bernama Nara dengan masa lalunya yang kelam. Bersama dengan pesawat luar angkasanya, ia akan terus dihadapkan oleh para musuh di sepanjang perjalanan. Chorus akan dirilis pada tahun 2021 mendatang.

Madden NFL 21 (EA) (Smart Delivery)

Pecinta NFL akan senang mendengar kabar ini, pasalnya Madden NFL 21 dari Electronic Arts akan hadir di konsol next gen. Masih belum ada informasi lengkap fitur baru dan peningkatan apa saja yang akan dihadirkan pada seri yang satu ini. Namun tentunya mereka menjanjikan rasa yang berbeda ketika dimainkan pada Xbox series X.

Vampire: The Masquerade – Bloodlines 2 (Paradox Interactive) [Smart Delivery]

Seri kedua dari Vampire akhirnya menunjukan eksistensinya. Kali ini lokasi akan berada di Seattle, Amerika, keputusan perilaku yang diambil akan mempengaruhi keseimbangan kekuasaan para Gamer dalam mengendalikan sang mahluk penghisap darah ini.

Call of The Sea (Raw Fury) [Smart Delivery]

Call of the Sea merupakan game petualangan dengan sudut pandang first person. Di setting tahun 1930-an, Gamer akan berperan sebagai Norah, seorang wanita yang sedang mengikuti ekspedisi suaminya yang hilang. Pencarian ini dilakukan di wilayah selatan pasifik penuh dengan berbagai macam rahasia yang menunggu untuk digali. Call of the Sea juga hadir pada layanan Xbox Game Pass.

The Ascent (Neon Giant / Curve Digital) [Smart Delivery]

Kehadiran The Ascent akan mengisi daftar game bertemakan cyberpunk saat ini. Dengan mengusung genre RPG solo dan Co-op, game ini menceritakan sebuah perusahaan besar yang runtuh. Kebingungan dan kerusuhan pun terjadi dimana-mana, Gamer diharuskan untuk melawan para kelompok kriminal dan pihak dari perusahaan lain untuk mengambil alih keadaan.

The Medium (Bloober Team) 

Dari berbagai game horror yang dihadirkan pada event Inside Xbox Mei 2020, mungkin ini yang paling menarik. Game garapan Bloober Team yang juga membuat Blair Witch, Observer dan juga Layers of Fear, kembali menghadirkan game psychological horror terbaru mereka. Gamer akan berperan sebagai Marianne yang tinggal dalam dua dunia yang berbeda, dunia nyata dan dunia arwah. Dihantui dengan penglihatan pembunuhan anak, ia akan pergi ke sebuah hotel yang dulunya pernah terjadi serangkaian tragedi mengerikan. Menariknya lagi soundtrack dari game ini berasal dari dua komposer terkenal, Arkadiusz Reikowski – komposer Bloober Team dan Akira Yamaoka – komposer dari Silent Hill.

Scarlet Nexus (Bandai Namco) [Smart Delivery]

Berperan sebagai Yuito Sumeragi, seorang member baru dari OSF yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang elite, sama seperti orang yang menyelamatkannya ketika masih kecil. Berbekal bakat psychokinesis, Gamer akan menjelajahi kota futuristik bernama New Himuka dan mengungkap misteri dari Brain Punk. Scarlet Nexus bisa dikatakan game pertama yang sudah dikonfirmasi hadir untuk konsol next gen dengan visual layaknya anime.

Second Extinction (Systemic Reaction) [Smart Delivery]

Membawa konsep gameplay co-op shooter hingga tiga player, Second Extinction terlihat cukup menarik. Gamer akan dituntut untuk menghabiskan seluruh dinosaurus bermutasi yang telah mengambil alih bumi. Kerja sama tim akan sangat penting dalam game ini, pasalnya kalian bisa memilih role yang berbeda, dikombinasikan dengan kemampuan unik serta pilihan berbagai macam senjata dalam menghadapi para kawanan musuh.

Yakuza: Like a Dragon (SEGA) [Smart Delivery]

Seri terbaru dari Yakuza akhirnya akan mengunjungi Xbox. Yakuza: Like a Dragon akan hadir bersamaan dengan perilisan Xbox Series X, tentunya didukung dengan fitur Smart Delivery. Gamer yang sudah membeli versi Xbox One akan mendapatkan upgrade gratis ketika memainkannya di konsol Series X. Hal ini juga didukung fitur Cross-Save yang memungkinkan Gamer dapat melanjutkan progress mereka tanpa mengulang kembali. 

Assassins Creed: Valhalla (Ubisoft) [Smart Delivery]

Tidak ketinggalan, Assassins Creed: Valhalla juga hadir memperlihatkan trailer terbaru mereka. Masih tanpa gameplay yang dibicarakan, AC: Valhalla setidaknya memberikan in game footage yang cukup memukau.  Game ini juga memiliki fitur Smart Delivery di awal perilisannya nanti.

Bagaimana tanggapan kalian yang sudah menonton acara Inside Xbox kemarin? secara jujur, event tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi kami yang mengharapkan adanya gameplay di setiap gamenya. Ini lebih terlihat sebagai trailer biasa yang memperlihatkan engine dari masing-masing game yang diperlihatkan. Namun diluar itu semua, kami juga cukup bersemangat ketika melihat era baru konsol sudah semakin dekat. Event ini akan kembali hadir di bulan Juli dengan menampilkan game eksklusif Xbox dari para developer yang berada di naungan Xbox Game Studios. Kita tunggu nanti

Punya komentar?