Masih setahun lagi konsol PlayStation 5 dirilis ke pasaran. Tidak seperti kompetitornya yaitu Project Scarlet milik Microsoft, informasi mengenai PS5 lebih banyak beredar ke publik. Dimulai dari bocoran desain devkit, kemampuan ray tracing, penggunaan ssd yang cepat, hingga controller terbaru. Baru-baru ini Sony dikabarkan sudah mematenkan desain controller untuk PS5 di wilayah Jepang.

Setelah sebelumnya Mark Cerny, kepala arsitek untuk PlayStation memberikan detail banyak mengenai konsol next-gen PS5. Satu hal yang menarik ada pada controller baru yang menggunakan fitur haptic feedback. Fitur ini memberikan sebuah feel yang berbeda pada vibration dan juga tekanan pada tombol trigger L2/R2 tergantung adegan permainan. Namun itu semua masih sebatas informasi dari fitur yang digunakan. Jika dilihat dari bentuk sepertinya Sony ingin mempertahankan tingkat kenyamanan yang sama seperti pada Dualshock 4, pasalnya tidak ada perubahan signifikan di controller terbaru ini. Walaupun mereka sendiri belum memperlihatkannya ke publik, namun sudah beredar gambar desain yang dipatenkan Sony di kantor paten Jepang.

Desain Dualshock 5 jika dibandingkan dengan Dualshock 4

Jika melihat gambar di atas, DualShock 5 hadir kembali dengan touchpad, berbentuk sedikit lebih besar dan dihilangkannya light bar. Pada sisi atas terlihat sebuah port usb type-c untuk pengisian dayanya. Di bagian bawah terdapat dua buah port yang diduga salah satunya adalah headphone jack. Tentu desain ini tidak selalu menjadi sebuah bentuk final hingga Sony mengumumkannya nanti secara resmi. Kita tunggu saja nanti di tahun depan.

Source: https://www.j-platpat.inpit.go.jp/

Punya komentar?