Banyak rumor, drama bahkan orang kecewa terkait dengan Pokemon Sword & Shield. Hal ini sebenarnya sudah menjadi tradisi setiap kali Pokemon Generasi terbaru diumumkan. Pada generasi kali ini, drama yang paling besar adalah hilangnya Nasional Dex yang artinya tidak semua pokemon tidak masuk ke dalam generasi 8 pokemon dan animasi pada game-nya sendiri yang terasa malas dan tidak banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Bahkan beberapa fans mengatakan malah terjadi penurunan pada kualitas Pokemon Generasi 8. Rilis tanggal 15 November 2019 kemarin. Berikut ini adalah review Pokemon Sword & Shield.

Gameplay

Bertarung dengan Pokemon

Gamefreak kayaknya ingin tetap menggunakan gameplay yang sama dengan seri utamanya, tapi dalam bentuk 3D. Pemain tetap disuguhi dengan battle turn-based strategy maksimal 6 Pokemon yang bisa dibawa. Cara untuk menangkap pokemon juga masih sama yaitu menangkapnya menggunakan Pokeball. Ada beberapa penambahan gameplay pada Pokemon Sword& Shield untuk menggantikan gameplay sebelumnya (z-move dan mega evolution). Gameplay yang baru tersebut adalah:

Wild Area

Fitur open area dimana pemain bisa menangkap pokemon di alam terbuka. Mungkin bisa disamakan dengan pokemon safari namun wild area lebih besar dan terbuka. Menangkap pokemon di Wild Area pula tidak membutuhkan pokeball khusus untuk menangkap pokemon. Pokemon yang ada di wild area memiliki ragam level, mulai dari level 5 hingga pokemon yang belum bisa ditangkap karena badge pemain masih sedikit (ditandai dengan ‘very strong-looking pokemon’). Pokemon tersebut lulu-lalang di wild area secara bebas bahkan kadang bisa ketabrak karena ga keliatan 🙁

Wattz merupakan mata uang pada Wild Area yang bisa digunakan untuk upgrade sepedah atau membeli kebutuhan lain seperti poke ball atau Dynamax Crystal digunakan untuk membuat raid battle. Poke Coin (currency universal di pokemon) juga digunakan di wild area namun hanya untuk membeli bahan dasar membuat Curry.

Di Wild Area ini pemain bisa bertemu dengan pemain lain dan melakukan Raid Battle dan Camping, sendirian maupun bersama pemain lainnya via lokal atau online. Perlu digaris bawahi bahwa untuk bermain online membutuhkan subscribe ke nintendo switch online. NPC (non-playable character) juga ada di Wild Area untuk battle challenge dan keperluan jual beli menggunakan Wattz.

Multiplayer ketika online Saya rasa sangat aneh dan tidak responsif. Kendala ditemukan ketika mau melakukan trade atau ikut raid dan camping dengan teman. Seringkali teman kita tidak bisa menemukan kita di notifikasi untuk join raid, camping atau trade hingga harus berkali-kali diulang. Lalu ketika melakukan trade walaupun sudah dipasang code tetap saja ada pemain lain yang bisa masuk.

Tips: Ketika online dan bertemu dengan orang lain, dekati pemain tersebut dan ajak ngobrol untuk mendapatkan bahan makanan membuat Curry gratis.

Dynamax & Gigantamax

Apabila di generasi sebelumnya terdapat penambahan Z-move dan mega evolve. Pada Pokemon Sword & Shield, pokemon bisa berubah menjadi sangat besar dan hal ini disebut dengan Dynamax dan Gigantamax. Namun pokemon tidak bisa sembarangan melakukan Dynamax dan Gigantamax, kedua wujud tersebut hanya bisa dilakukan pada gym battle, competitive dan raid battle.

Dynamax & Gigantamax

Dynamax dan Gigantamax adalah sebuah fenomena yang terjadi pada Galar Region. Dynamax sendiri adalah sebutan ketika pokemon berubah menjadi besar, semua pokemon bisa Dynamax. Sedangkan Gigantamax adalah sebutan ketika pokemon menjadi besar dan terjadi perubahan bentuk dan memiliki serangan special, hanya beberapa pokemon saja yang bisa gigantamax. Ketika Dynamax / Gigantamax, HP dan move-set pokemon tersebut akan bertambah dan berubah. Move-setnya sendiri mengikuti dari tipe serangan pokemon tersebut, kecuali serangan khusus yang dimiliki pokemon Gigantamax (disebut G-Max move).

Dalam segi kompetitif Dynamax & Gigantamax menjadi suatu pertimbangan yang penting. Karena, kebanyakan move-set dari pokemon yang melakukan Dynamax / Gigantamax mempengaruhi status dari pokemon tersebut. Juga, mempengaruhi terrain yang dapat menambah attack dan sp. attack untuk 4 hingga 5 giliran. Sayang sekali, contoh dari NPC pada story mode tidak menampilkan posibilitas dari penggunaan Dynamax & Gigantamax pada awal atau tengah pertandingan.

Raid Battle

Raid Battle

Pemain dapat bermain dengan maksimal 3 pemain lainnya (lokal play maupun online) untuk melawan 1 pokemon dalam bentuk Dynamax atau Gigantamax. Dalam raid battle, akan ada satu host pemain yang membuka raid battle dan pemain lainnya akan join. Ketika bertarung, hanya ada pokemon host saja yang dapat melakukan Dynamax / Gigantamax.

Ketika pertama kali menginjak Wild Area, pemain dapat langsung melakukan raid battle. Raid battle yang muncul pada wild area pemain bergantung dengan sejauh mana badge pemain. Karena pada dasarnya badge menentukan maksimal dari level pokemon yang bisa ditangkap. Semakin komplit badge yang dimiliki semakin banyak varian dari pokemon untuk raid battle. Saya sangat merekomendasikan untuk menyelesaikan story dahulu baru fokus raid battle.

Pokemon Sword & Shield menjadi lebih asik karena adanya mode raid ini. Apalagi ketika dimainkan dengan teman-teman untuk mencari Gigantamax. Dan ketika bermain online dengan orang yang ga dikenalpun juga seru, pemain tinggal join apabila muncul di notifikasi dan selama raid battle tersebut tidak di private dengan kode maka voila~ pemain tinggal join.

Camping

Daily life camping with Pokemon

Masih ingat dengan pokemon-amie dan pokemon refresh? Kedua fitur yang digunakan untuk menambah level affection pemain dengan pokemon. Fitur Affection seakan membuat pokemon memiliki hubungan seperti partner dengan pemain. Akan ada keuntungan apabila hubungan dengan pokemon dan pemain semakin erat, misalkan pokemon memiliki kemungkinan untuk tidak one-hit K.O., lebih mudah melakukan critical hit, hingga menyembuhkan status ketika battle.

Bikin Curry

Camping kali ini digunakan untuk menambah affection dengan pokemon. Ketika camping, pemain dan pokemon dapat bermain dengan mainan seperti bola dan bulu bulu yang biasa digunakan untuk main sama kucing. Cara lainnya untuk menambah affection adalah masak Curry. Dengan menambahkan bumbu-bumbu khusus + berry dan melakukan mini game masak-masakan, pemain bisa menambahkan affection tergantung dengan enak atau tidaknya curry yang dimasak (ditandai dengan medal yang didapat). Masak Curry juga bisa menyembuhkan status dan menambah health semua pokemon yang sedang di bawa.

Control

Pemain tidak perlu lagi pergi ke PC di pokemon karena dari menu lihat party pemain bisa langsung klik ZR untuk langsung pilih pokemon yang ingin diganti layaknya di PC Pokemon Centre. Pemain akan mendapatkan kesulitan apabila tidak ada fitur yang ‘mempermudah’ ganti pokemon dimana-mana, bayangin harus muter jauh kalau misalkan mau ganti pokemon di wild area…

Ketika battle juga pemain akan dibantu dengan tombol ‘Y’ yang bisa digunakan untuk mengecek status saat battle. Misalnya adalah effectiveness (efective dan super effective) dan mengecek status battle arena dan status yang pokemon musuh dan kita punya saat bertarung. Fly, Cut dan hal lain-lainnya tidak hadir di pokemon ini. Untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya bisa langsung fast travel dari Map.

Control lainnya tidak ada perubahan dari Pokemon Sword & Shield dengan pokemon generasi sebelumnya.

Story

Sambutan dari Bapak Chairman

Seperti biasanya, ada seorang anak yang ingin menjadi the very best di region dimana dia tinggal. Kali ini, region tersebut bernama Galar Region yang terinspirasi dari negara England. Hingga logat bahasa inggrisnya juga sangat british sekali contohnya ada ‘mate’, ‘telly’ dan logat England khas lainnya. Explorasi galar region menarik, terutama dengan kota-kotanya yang terisi walaupun tidak banyak yang bisa di explore.

Selain menjadi the very best dengan menjadi champion, ada juga problematik yang dibangun untuk menambah permasalahan di galar region. SAYANGNYA, ketika memasuki akhir-akhir dari cerita semuanya dilakukan dengan dialog tanpa memperlihatkan chaotic yang terjadi di region tersebut. Alasannya, warga-warganya sudah di evakuasi dan tidak diperlihatkan. DAAAAAN katanya ada chaos Dynamax dimana-mana tapi sama sekali tidak diperlihatkan pokemon yang sedang meng-chaos-kan galar region. Sehingga membuat game ini ga kerasa menegangkannya…

Expresi para NPC nya juga hanya senyum ketika sedang berada dalam suasana genting. Intinya, sangat disayangkan ketika mulai di ujung permasalahan tidak ada animasi ataupun ilustrasi genting apapun yang ditunjukan. Sebenernya ada sih.. tapi sedikit sekali :<

Pokemon Sword & Shield dijual dalam bentuk fisik dan digital. Versi fisik dapat dibeli di toko gameshop kesayangan kalian . Versi digital dapat di order melalui eshop.

Simak juga game yang akan rilis bulan Desember tahun 2019 di sini.

Punya komentar?