Selama setidaknya beberapa tahun terakhir, perkembangan game lokal memang begitu terasa lebih cepat. Munculnya developer-developer indie lain membuat semakin banyaknya game lokal yang hadir. Dalam hal ini Toge Production ikut serta meluncurkan beberapa game indie yang terbilang sangat menarik. Berbicara mengenai genre Rogue Like, kita sudah sangat mengenal dengan judul The Binding of Isaac, Don’t Starve, Risk of Rain dan lainnya. Menggunakan genre yang sama, Tahoe Games sebagai developer dengan bantuan Toge Production sebagai publisher meluncurkan game berjudul Rising Hell. Lalu bagaimana gameplay dari game ini? mampukah bersaing dengan lainnya?

Perlu diperhatikan review ini dibuat dari tahap early access Rising Hell. Beberapa penilaian kemungkinan berbeda jika pada saat peluncuran secara utuhnya nanti.

Tinggi itu ke atas bukan ke samping

Seperti yang sudah disebut di atas, Rising Hell merupakan game yang mengusung genre Rogue Like. Contoh paling mudah untuk menggambarkan game ini adalah dengan melihat Dead Cell, namun hal berbeda terletak pada desain Stage-nya yang mengarah ke atas bukan ke samping. Player dapat memilih salah satu dari dua karakter yang disediakan yaitu Arok dan Zelos. Tentunya masing-masing karakter memiliki kemampuan yang berbeda, jika Arok menggunakan serangan jarak dekat, Zelos justru sebaliknya. Player juga dapat memilih Relics yang akan dibahas nanti. Seperti namanya, Rising Hell menghadirkan petualangan dari Arok atau Zelos di neraka, namun sayangnya game ini tidak memberikan gambaran jelas mengenai latar belakang cerita yang Player hadapi. 

Stage dibuat keatas bukan kesamping seperti pada game rogue like umumnya
Boss dalam Rising Hell memiliki cara menyerang yang berbeda-beda

Berbicara mengenai gameplay, Rising Hell menghadirkan dua mode yang bisa dinikmati. Mode pertama adalah Campaign dimana sama seperti game pada umumnya, Player akan bermain melewati beberapa stage sampai tamat. Mode kedua adalah Challenge, dalam mode ini Player bisa bermain sesuai stage yang dipilih, tetapi stage tersebut harus dibuka terlebih dahulu dengan memainkan mode Campaign tadi. Aksi yang dihadirkan dalam game ini  sangat intense. Player diharuskan untuk menyerang musuh tidak hanya sekali serangan saja dan langsung mati, melainkan harus melakukan serangan berkali-kali tergantung dari jenis musuh yang dihadapi. Combo di setiap tebasan Arok juga menimbulkan rasa puas, terlebih Tahoe Games menghadirkan combo yang bisa dilakukan jika Player melakukan lompatan yang tepat mengenai musuh. Musuh di dalam game in digambarkan sebagai sosok monster yang hidup di neraka yang haus akan darah. Kami juga menyukai setiap boss yang dihadirkan memiliki kemampuan yang unik dan sangat sulit untuk dihadapi.

Player bisa memilih karakter untuk dimainkan, Arok atau Zelos

Di sepanjang perjalanan ada beberapa portal yang bisa diakses, portal ini akan mengarahkan Player ke area lain. Terkadang area tersebut menghadirkan banyak sekali musuh yang harus dihadapi atau area yang terdapat NPC yang menjual Power Up. Power up akan memberikan efek khusus yang sangat berguna, seperti menambah health point, buff serangan, hingga item yang bisa menghidupkan Player. Power up ini tidak diberikan secara cuma-cuma melainkan harus menggunakan sejumlah Red Souls yang didapat ketika mengalahkan musuh. Kami menyukai posisi untuk power up yang tidak hanya berada di area khusus saja, melainkan juga sebelum memasuki area selanjutnya. 

Cukup Sulit? Gunakan Power up

Perlu kalian ketahui Rising Hell juga menerapkan fitur permanent death yang artinya jika Player mati, maka permainan akan di ulang dari stage pertama. Kami menyadari ada sistem berbeda yang antara Rising Hell dan Dead Cell, jika Dead Cell memungkinkan Player untuk mengakses area sebelumnya dengan leluasa, Rising Hell justru sebaliknya. Player tidak bisa mundur menuju area sebelumnya untuk mengumpulkan Red Souls yang digunakan untuk membeli power up atau hal lainnya. Sistem seperti ini membuat Rising Hell terasa cukup sulit.

Efek unik di setiap Relic menambah variasi gameplay yang berbeda

Menariknya setiap kali Player gagal dalam permainan dan mati, sejumlah skor akan dihitung yang sekaligus menjadi experience point. Ketika level naik, akan membuka relic hingga buff yang tentunya membuat permainan terasa sedikit lebih mudah. Berbicara mengenai relic, terdapat berbagai macam jenis yang bisa digunakan seiring naiknya level Player, namun untuk menggunakannya harus menukarkan sejumlah Blight terlebih dahulu. Efek unik setiap relic menambah variasi di dalam gameplaynya sendiri sebagai contoh, terdapat relic yang memiliki efek menaikan damage serangan begitu besar namun efek lainnya juga Player akan menerima serangan damage dari musuh yang begitu besar pula.

Kesimpulan

Di dalam tahap early access-nya Tahoe Games berhasil membuat game indie bergenre rogue like yang berkualitas terlebih ini adalah developer lokal. Dengan gaya permainan yang mengarah keatas dibalut aksi intense di setiap stagenya, menambah keseruan dalam memainkan game ini. Power up di setiap stagenya juga sangat membantu Player untuk memperkuat diri ketika melawan musuh yang memiliki tingkat kesulitan berbeda. Kami juga menyukai desain dari setiap boss dan gaya bertarung mereka yang memiliki keunikan masing-masing. Rising Hell juga hadir dengan menyertakan pilihan karakter yang membuat para Player bisa menentukan gaya bertarung mereka masing-masing, serangan jarak dekat atau serangan jarak jauh. Namun dibalik semua nilai positif diatas game ini juga memiliki sedikit kekurangan. Dengan tidak bisa mengakses area sebelumnya, membuat Player tidak memungkinkan melakukan grinding untuk mengumpulkan sejumlah Red Souls yang akan ditukarkan untuk power up. Walaupun sudah digantikan dengan sistem level, namun hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Satu hal yang pasti, game ini sangat kami rekomendasikan untuk dimainkan, terlebih jika kalian menyukai game dengan genre serupa dan ingin merasakan tantangan. Sekali lagi ini masih tahap early access. Beberapa update masih mereka berikan untuk game ini.

Jika tertarik ingin mencobanya kalian bisa membelinya melalui Steam

Punya komentar?